Jago nya Produk lokal go Internasional
Background Image

Tips dan Trik menjadi wirausaha pemula by Wuryan Andayani

Oleh Wuryan Andayani (Dosen Fak Ekonomi Bisnis, Univ Brawijaya)

Seseorang yang ingin memulai bisnisnya harus memiliki beberapa tips dan trik agar bisa menjalankan bisnisnya dengan baik, menjalankan usaha secara berkelanjutan dan memiliki visi dan misi yang kuat. Modal utama untuk seseorang menjadi wirausaha sukses adalah memiliki sikap dan mental yang baik. Kunci keberhasilan seorang wirausaha adalah memiliki sikap dan mental yang baik seperti:

  • Selalu memiliki ide-ide kreatif untuk mencari informasi mengenai bisnis baru yang bermanfaat bagi dirinya dan bagi orang lain.
  • Selalu bersemangat dan tidak mudah putus asa.
  • Selalu mengembangkan diri mempelajari hal-hal baru.
  • Selalu belajar, berusaha dan berjuang untuk mengembangkan usahanya.
  • Memiliki sikap positif lainnya.

Seseorang yang memiliki jiwa wirausaha adalah orang yang berani menghadapi segala risiko dan ketidak pastian dalam menjalankan usahanya. Seorang wirausaha harus pandai merancang, mengelola sumber daya, mengidentifikasi peluang dan kesempatan serta mampu mengendalikan usahanya. Berikut ini adalah beberapa tips agar seorang wirausaha berhasil menjalankan usahanya:

  1. Memiliki tujuan yang jelas dan tahu apa yang menjadi tujuan dalam menjalankan usahanya.
  2. Bertanggung jawab terhadap usaha yang dijalankan.
  3. Melakukan tindakan nyata untuk menjalankan usahanya dan untuk mengembangkan usahanya. Jadi tidak hanya NATO (not action talk only). Seorang wirausaha tidak boleh hanya berangan-angan tanpa ada tindakan nyata.
  4. Seorang wirausaha harus optimis dalam menjalankan usahanya, tidak boleh merasa tidak pandai, tidak memiliki modal, tidak mungkin berhasil, merasa tidak berpendidikan, merasa sudah terlalu tua dan sebagainya. Ingat beberapa orang yang berhasil seperti The Wright Brother adalah orang biasa dan tidak berpendidikan tetapi bisa menciptakan pesawat terbang pertama di dunia. Selanjutnya, Bill Gates adalah orang terkaya di dunia yang memulai bisnis setelah lulus SMA.
  5. Selalu bekerja keras untuk mengembangkan usahanya. Tanpa ada kerja keras, usaha yang dijalankan tidak bisa berkembang. Intinya seorang wirausaha tidak malas bekerja.
  6. Bisa mengatur waktu dengan baik dan tahu mana yang menjadi prioritas untuk dilakukan.
  7. Mencari teman-teman yang positif dan berhasil dalam menjalankan usaha mereka.
  8. Mempelajari sikap hidup orang-orang yang berhasil untuk menjadi pemacu semangat dan bisa berhasil seperti mereka. Thomas Alfa Edison adalah contoh orang yang gigih dalam usahanya dan berhasil menciptakan bola lampu. Walt Disney adalah pemuda miskin dan tidak terkenal tetapi pada usia 30 tahun bisa menjadi pengusaha terkenal.
  9. Selalu belajar untuk mengembangkan diri dengan banyak membaca mengenai orang-orang sukses untuk memacu semangat, mendengarkan dan melihat kisah orang-orang sukses dari radio, tape recorder, televisi dan sebagainya. Ikutilah seminar-seminar yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan.
  10. Menjalin hubungan baik dan networking dengan banyak orang.
  11. Bersikap rendah hati, tidak berhenti untuk belajar dan tidak cepat puas.
  12. Memiliki kesungguhan dan komitmen untuk sukses.
  13. Milikilah strategi dan perencanaan yang baik.
  14. Bekerja penuh keyakinan, mandiri, tekun, sabar jika menghadapi kegagalan. Jika gagal harus bangkit kembali.
  15. Berani mengambil risiko dan menyukai pekerjaan yang menantang, tetapi bisa mengukur diri.
  16. Bisa memimpin tim, mudah bergaul, kreatif, inovatif, berfikiran ke depan dan mudah bergaul dengan orang lain.

Intinya seorang wirausaha yang sukses adalah seorang wirausaha yang memiliki sikap dan mental yang baik dan positif.

***Kunci keberhasilan adalah sikap dan mental yang baik***

Referensi

Kao, Raymond W Y dan Tan Wee Liang. 2001. Entrepreneurship and Enterprise Development in Asia. Prentice Hall. Pearson Education Asia Pte Ltd. Singapore

Setyorini, Dyah. 2010. Pengembangan Motivasi Berwirausaha. Penyuluhan Kewirausahaan di Dusun Suroboyoan Desa Sumberejo Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul

Tanuwidjaja, William. 2016. Buku Pintar Mengelola Usaha bagi Pemula. Penerbit Cakrawala. Yogyakarta

admin

bikinwebsiteonline@gmail.com

No Comments

Post a Comment

You dont have permission to register

Password reset link will be sent to your email