Jago nya Produk lokal go Internasional
Background Image

UMKM Ingin terhindar dari banyaknya Pesaing? Pertimbangkan Niche Market

UMKM Ingin terhindar dari banyaknya Pesaing? Pertimbangkan Niche Market

Oleh: Slamet Wahyudi

Sejak era belum secanggih sekarang ini, setiap bisnis yang didirikan selalu akan diikuti dengan munculnya pesaing, atau justru bisnis yang kita jalankan menjadi pesaing dari bisnis yang dijalankan orang lain sebelum kita. Akan sulit untuk membuat daftar bisnis yang tidak memiliki pesaing, kecuali bisnis monopoli plat merah yang masih banyak di negeri ini. Ketika anda mendirikan usaha fashion misalnya, tidak harus menunggu lama kemudian akan muncul usaha fashion sejenis yang mengikuti, ini wajar karena bisnis tanpa pesaing, akan jauh dari inovasi dan kreatifitas, sehingga adanya pesaing akan bagus sebenarnya dari sisi tersebut.

Kalau ingin usaha anda memiliki tidak terlalu banyak pesaing karena berbagai pertimbangan semisal keterbatasan dana dan teknologi. Mengapa tidak mencoba konsep Niche Market. Apakah anda pernah menemukan sebuah bisnis yang target konsumennya sangat segemented? Fokus pada pasar tertentu? Produk atau servicenya sangat spesifik?. Memerlukan skill khusus yang jarang ditemui?

Niche Market bisa didefiniskan sebagai sebuah bisnis yang fokus menjadikan sebuah kelompok masyarakat tertentu sebagai target konsumen mereka. Misalnya masyarakat yang hobby koleksi barang antik, kelompok masyarakat yang memiliki kucing sebagai hewan peliharaan, wanita karir atau menarget mahasiswa/pelajar yang tidak memiliki kendaraan pribadi dan lain sebagainya.

Manfaat Niche Market

Tidak terlalu banyak Pesaing

 Kalau anda memilih untuk membuka jasa penitipan hewan peliharaan bagi orang yang sibuk atau sedang berlibur, saya yakin usaha tersebut akan sangat jarang diikuti orang lain. Niche market memungkinkan hal tersebut, meminimalkan pesaing karena tidak banyak tentunya orang yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk menyediakan jasa penitipan hewan peliharaan selama masa liburan panjang.

Memudahkan/Memurahkan Promosi

 Kalau kita pakai contoh bisnis penitipan hewan diatas, maka kita bisa lebih mudah melakukan kampanye marketing kita, misalnya kita tinggal diperumahan yang kita tahu banyak warga memiliki hewan peliharaan seperti kucing, anjing, burung dan sebagainya kita tentungya akan lebih mudah Promosi, karena sudah kenal dengan mereka sebelumnya dari komunitas atau lomba yang diikuti. Promosinya jadi lebih murah, bisa tag poster via media sosial mereka dan mulut ke mulut. Promosi yang efektif tidak harus mahal kan.

 Membantu anda menjadi expert (first mover) dibidang tertentu

Niche market memang memerlukan soft skill dan tekhnical skill khusus agar bisnisnya bisa berjalan, skill jika dipakai terus menerus maka akan banyak penambahan trik dan tips tertentu yang bisa kita kuasai. Menjadi ahli dibidang tertentu maka akan menjadikan kita sebagai first mover dibidang masing-masing. Contohnya saya kenal seorang yang ahli membaca tulisan, lulusan dari sebuah Universitas di UK, keahliaan membaca tulisannya sekarang sudah banyak dipakai HRD perusahaan untuk mengetahui potensi karyawan, dipakai universitas dan sekolah untuk tahu kemampuan tersembunyi dari para pelajar, hingga sekarang dipakai Polri untuk membaca tulisan-tulisan terkait kejadian kriminal untuk mengetahui siapa pelaku sebenarnya dari sebuah kejadian dan bagaimana kondisi kejiwaan pelaku dari sekedar tulisan tangan. Di Niche market andalah yang expert andalah first movernya, yang lain hanya follower.

 Lebih mudah mencari rekan kerja yang loyal

 Saya ambil contoh seorang yang Ahli membaca tulisan tangan tersebut diatas, dia mungkin akan kesulitan untuk mencari rekan kerja diawal, namun dengan berjalannya waktu dan meningkatnya kesibukan bisnisnya, dia pasti berjumpa dengan orang yang memiliki kemampuan serupa dengan dia, bisa di Indonesia atau di Luar Negeri, selanjutnya bisa diajak untuk berkolaborasi dalam proyek bisnis kedepannya.

 Lebih mudah analisa pelanggan

 Karena marketnya segmented kita bisa lebih menggunakan pendekatan personal, heart to heart, bisnis yang menggunakan sentuhan personal biasanya akan lebih bertahan lama. Apakah pendekatan personal bisa diterapkan di bisnis berskala besar, mungkin bisa, tapi mahal sekali biayanya. Di Niche market semuanya bisa menjadi nyata. Ada hubungan yang lebih erat antara anda dan pelanggan hingga dari komunikasi yang terjalin andapun bisa menganalisa pelanggan tersebut dari berbagai sudut pandang.

Memudahkan After sales services

 Anda pernah diacuhkan oleh penjual setelah anda membeli sebuah barang? Pasti ia, karena pelanggannya sales tersebut sudah ribuan, sehingga tidak mungkin dia menghafal satu persatu pelanggannya. After sales services menjadi sebuah tugas berat perusahaan di era modern sekarang, karena bisa saja anda membeli sebuah merek Jam terkenal, namun kesulitan mencari tempat service jam tersebut jika ada kerusakan. Di Niche market, pelanggan yang telah menggunakan jasa/produk kita bisa lebih mudah menemui kita jika misalnya ada hal yang ingin ditanyakan atau sekedar memperbaiki kerusakan.

Saya merekomendasikan para penggerak UMKM untuk mulai mengaplikasikan Niche Market agar usahanya berhasil menjadi jagoan dibidang masing-masing. Meskipun demikian, karena sangat segemented anda harus terbiasa dengan pelayanan yang personal, sehingga memerlukan ekstra tambahan waktu dan kreatifitas agar customer kita tetap kembali membeli produk atau jasa kita. Selain kemampuan teknis Jangan lupa tingkatkan soft skill anda utamanya dalam communication skill, disiplin, adaptasi dan integrity karena dalam Niche Market andalah tokoh utamanya. Semoga berhasil

 

 

admin

bikinwebsiteonline@gmail.com

No Comments

Post a Comment

You dont have permission to register

Password reset link will be sent to your email