Jago nya Produk lokal go Internasional
Background Image

Berwirausaha itu Mudah

Berwirausaha itu Mudah

Oleh: Slamet Wahyudi (Instagram: @slametwahyudiou)

Bisnis-Mudah

Diluar kendala modal dan fasilitas, menjadi seorang pengusaha itu tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Meskipun cukup berat untuk memulainya, tapi marilah kita buat berwirausaha itu begitu mudah dengan mengenal tiga jenis keunggulan diri. Awalnya, ini adalah konsep Bisnis Internasional, yang menjelaskan mengapa sebuah negara bisa lebih makmur dengan berdagang. Mari kita aplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari kita.

Keunggulan pertama adalah keunggulan absolut, kemudian keunggulan kompetitif dan yang terakhir keunggulan komparatif.

Keunggulan Absolut

Artinya sebuah keunggulan yang tidak dimiliki oleh orang lain, hanya kita yang mutlak memilikinya.

Anda pasti tahu mengapa negara-negara di Timur Tengah seperti Arab Saudi, Qatar dan Bahrain kaya raya, karena mereka sadar memiliki keunggulan mutlak atau absolut dibidang sumberdaya Alam berupa minyak yang harganya begitu mahal. Contoh lainnya, mengapa Banyuwangi sebuah kabupaten di ujung timur pulau Jawa begitu memikat banyak orang untuk mengunjunginya, padahal beberapa tahun lalu Banyuwangi tidak begitu dikenal, Banyuwangi memiliki keunggulan sumberdaya alam dan budaya yang tidak dimiliki daerah lain. Ketika keunggulan-keunggulan tersebut disadari, diolah, dikembangkan dan dikelola dengan baik, hasilnya fenomenal bukan.

Jika anda, pemerhati UMKM Lokal memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh yang lain, dan hanya anda saja yang mutlak memilikinya, lalu apa lagi yang ditunggu, fokuslah ke bidang tersebut, sebuah hasil luar biasa sudah menunggu. Misalnya anda memiliki sebuah lahan tambak yang sangat luas disebuah daerah yang belum memiliki objek wisata, mengapa tidak mulai mengembangkan sebuah usaha jasa wisata, wisata memancing plus kulineri berbahan ikan? Anda bisa menjadi Champion jika anda segera memulai.

Keunggulan Kompetitif

Ini adalah era kompetisi, semua jenis usaha harus bisa memenangkan kompetisi untuk bisa berhasil. Keunggulan kompetitif adalah keunggulan yang kita miliki sehingga mampu untuk tetap bersaing ditengah ketaknya dunia bisnis.

Dalam bisnis Internasional, Toyota tidak unggul mutlak dari Honda, Hyundai atau Chevrolet dan Ford namun masing-masing mereka memiliki keunggulan tertentu yang mendukung mereka tetap bisa berkompetisi.

Dari dalam negeri, contoh riilnya adalah bisnis makanan bebek di sekitaran Surabaya, apakah anda pernah mendengar Bebek Sinjay, Bebek Harissa, Bebek Songkem, Bebek H. Slamet, Bebek Palupi dan bebek-bebek lainnya. Kompetisinya sangat ketat, setiap pemilik warung bebek berkompetisi satu dengan yang lain dengan menonjolkan kekuatan mereka masing-masing. Ada warung bebek yang menjadikan ukuran daging bebeknya sebagai kekuatan mereka, ada yang menonjolkan sambel mangganya, ada juga yang bangga dengan kriuk-kriuknya. Ayo ke Surabaya dijamin seru mengamati bisnis kuliner bebeknya.

Nah apa saja keunggulan kompetitif anda dibanding pesaing atau calon pesaing? Anda bisa sebutkan sendiri

Keunggulan Komparatif

Keunggulan jenis yang terakhir ini, berarti kita membandingkan kemampuan kita dalam menghasilkan sesuatu barang atau jasa. Misalnya kita bandingkan Thailand memiliki kemampuan memproduksi beras 1 ton per 1 hektar lahan padi, sedangkan Indonesia setiap satu hektar tanahnya bisa menghasilkan 1,2 ton beras, sementara itu Kamboja menghasilkan 1,1 ton beras per hektar sawah. Dari perbandingan tersebut, maka Indonesia secara komparatif lebih unggul dibandingkan negara yang lain.

Contoh lainnya, misalnya saya bisa menghasilkan 3 Artikel dalam satu minggu, sementara rekan saya bernama A menghasilkan 2 artikel dalam seminggu, sedangkan C, rekan saya yang lain bisa menulis hingga 4 artikel per minggunya, sehingga secara komparatif, C lebih unggul dibandingkan saya dan si A.

Sekarang kita sudah tahu jenis-jenis keunggulan, yang menjadi ganjalan adalah, kadang kita lebih tahu kekurangan kita daripada kelebihan dan keunggulan yang kita miliki, lebih mudah membuat daftar kekurangan daripada kelebihan. Mulai sekarang mari analisa kelebihan dan keunggulan kita sendiri, jangan sungkan untuk bertanya kepada keluarga kita dan rekan baik yang bisa dipercaya. Jika daftarnya sudah kita peroleh, nah mulailah manfaatkan keunggulan kita untuk memulai usaha, fokuslah pada kekuatan kita, bukan kelemahan, maka berbisnis akan menjadi lebih mudah. Selamat mencoba

admin

bikinwebsiteonline@gmail.com

No Comments

Post a Comment

You dont have permission to register

Password reset link will be sent to your email