Jago nya Produk lokal go Internasional
Background Image

[Desa Wisata] Bejiharjo Gunung Kidul

Desa Wisata Bejiharjo Gunung Kidul

Aprillia Rizky Dwi Utami

Zendini Agustine N

Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten di daerah istimewa Yogyakarta yang memiliki berbagai adat istiadat, kesenian daerah maupun potensi alam yang sangat menawan. Gunung Kidul kini telah memoles diri sedemikian rupa agar wisatawan dalam negeri maupun luar negeri, tertarik untuk berkunjung. Di antaranya adalah keberadaan desa wisata. Salah satu desa yang terletak di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo merupakan desa yang berada di pedalaman. Kerana keberadaannya tidak berada di jalur utama jalan antar kecematan. Jalan menuju Desa Bejiharjo sebelumnya hanya berupa jalan tanah dan bebatuan. Tetapi pada tahun 90-an  telah dibuat jalan ber-aspal, yang menghubungkan desa tersebut dengan wilayah Kota Wonosari dan jalur menuju jalan utama Wonosari – Karangmojo. Desa Bejiharjo merupakan desa terbesar di Kecamatan Karangmojo.

Penduduknya sebagaian besar berpropesi sebagai petani, sebab desa ini relatif subur, meskipun merupakan lahan pertanian tanah kering. Penduduk Desa Bejiharjo juga dikenal sebagai masyarakat agraris tradisional, karena di sela-sela kegiatan pertanian yang dilakukan, masyarakat di desa ini juga masih melestarikan aneka ragam tradisi.

Desa Bejiharjo merupakan pemenang pertama dari 10 (sepuluh) Desa Wisata 2012 di Indonesia yang berhasil meraih penghargaan dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Indonesia. Wajar saja desa ini menjadi pemenangnya sebab memiliki berbagai macam potensi, potensi yang paling terkenal di desa ini adalah wisata alamnya.

Berikut tentang berbagai Potensi Alam Desa Wisata Bejiharjo, antara lain :

  • Goa Pindul (Cavetubing Pindul)

Goa Pindul adalah Objek wisata alam goa bawah tanah dengan aliran sungai di sepanjang lorong, di kenal karena cara menyusurinya di lakukan dengan menaiki ban pelampung diatas aliran sungai di dalam gua, kegiatan ini di kenal sebagai cave tubing.  Di dalamnya terdapat ornament-ornamen yang langka yaitu stalaktit besar, beberapa batuan kars yang masih hidup dan meneteskan air. Gua pindul terbagi menjadi 3 zona yaitu, zona terang, zona remang, dan zona gelap. Cara menikmati wisata ini adalah pengunjung menyusurinya dengan peralatan khusus yaitu dengan menggunakan ban dalam besar (ban mobil) dan jaket pelampung.

Sumber : http://goapindul.com/

  • Caving Goa Gelatik

Goa gelatik ini berlokasi di wilayah desa Bejiharjo yang jaraknya terletak berdekatan dengan goa pindul. Keindahan goa ini melengkapi keberadaan desa wisata Bejiharjo, pada jaman dahulu goa ini sering digunakan untuk bertapa atau melakukan spiritual orang-orang untuk mendapat ketenangan diri. Namun sekarang goa ini menjadi tepat wisata dan tidak ada lagi yang menggunakannya untuk tempat spiritual. Bedanya dengan goa pindul adalah goa ini tidak ada sungai di bawah tanahnya.

Sumber : http://www.indonesia-tourism.com

  • Oya River Tubing

Oya river tubing ini berbeda dengan goa pindul dan goa gelatik. Dengan sajian berbeda wisatawan menyelusuri sungai sepanjang sekitar 6 – 10 km yang tergantung arusnya menggunakan ban. Sangat berbeda dari penelusuran sungai pada umumnya.

Sumber : http://goapindul-top.com/tag/river-tubing-kali-oyo/

  • Off Road Desa Bejiharjo

Untuk pengunjung yang kebanyakan berasal dari daerah perkotaan, wisata offroad ini menjadi pengalaman yang memiliki kesan khusus. Dengan mobil Land Rover dan Jeep 4 WD, para pengemudi akan membawa pengunjung berpetualang di alam yang menantang. Rute paket wisata offroad ini melewati tiga desa di Kecamatan Bejiharjo, yaitu Desa Bulu, Gelaran I, dan Karang Lor. Dalam satu armada jeep, dapat ditumpangi oleh 3-4 pengunjung. Wisata offroad ini bisa dilakukan pada siang maupun malam hari. Paket wisata yang dipromosikan secara berbeda ini sangat wajib untuk dijadikan pilihan berlibur atau rehat sejenak dari aktivitas.

Sumber: http://desawisatabejiharjo.net/wisata-offroad-goa-pindul.html

 

 

 

 

 

admin

bikinwebsiteonline@gmail.com

No Comments

Post a Comment

You dont have permission to register

Password reset link will be sent to your email