Jago nya Produk lokal go Internasional
Background Image

[Camping] Bumi Perkemahan Rancaupas

Akhir tahun 2016 lalu, kami sempat menghabiskan waktu liburan kami ke tempat yang sangat sejuk yaitu di Bumi Perkemahan Rancaupas. Kami sudah merencanakan liburan kami ini jauh-jauh hari, bahkan kami sudah menabung sejak pertengahan tahun 2016. Sebenarnya sebuah ketidak sengajaan mengapa kami memilih Bumi Perkemahan Rancaupas sebagai tempat liburan kami, saat itu ada teman kami yang bercerita tentang keindahan Bumi Perkemahan Rancaupas dan saat itu juga terbesit di pikiran kami untuk merencanakan liburan akhir tahun di Bumi Perkemahan Rancaupas.

Persiapan menuju ke Bumi Perkemahan Rancaupas ini kami persiapkan dengan sangat matang, hal ini juga karena kami memlih untuk berkemah di tempat ini, kami mempersiapkan tenda dan segala peralatannya, kami juga mempersiapkan bahan bahan makanan seperti kompor portabel, obat obatan, air minum

Bumi Perkemahan Rancaupas ini berada di sekitar 45 kilometer di Selatan Bandung. Tepatnya berada di jalan Babakan Jampang, Cibuni-Ciwidey. Jalur ini juga  searah dengan kawasan wisata Situ Patenggang dan juga Kawah Putih. Dari Malang ke Bandung kami memilih transportasi kereta api yaitu kereta api Malabar, kami menempuh perjalanan dari malang ke Bandung sekitar 16 Jam.

Ternyata Rancaupas ini juga sering dijadikan tempat pelatihan oleh banyak komunitas pecinta alam yang ada di Bandung dan sekitarnya. Selain struktur geografisnya yang begitu mendukung, kondisi Rancaupas sangat memungkinkan untuk para penggangum alam ini berlatih bagaimana cara bertahan dan menikmati alam bebas. Tidak cuma itu saja, mereka juga bisa berlatih navigasi di alam dengan baik. Lansekapnya yang berbukit-bukit, hutannya yang lebat dan daratan yang naik turun, Bumi Perkemahan Rancaupas ini memang tempat yang tepat untuk pelatihan komunitas pecinta alam dan lebih sering digunakan sebagai tempat outbound training.

Bumi perkemahan Rancaupas ternyata bukan hanya sekedar bumi perkemahan biasa, karena ternyata bumi perkemahan rancaupas memiliki tempat pemandian air panas yang luas. Disini juga terdapat area waterboom yang diberi nama Waterboom Ciwidey. Fasilitas permainan outdoor yang menantang dan seru seperti Water Ball, Shake Stairs, Flying Fox, Cargo Net dan lain sebagainya juga ada di Rancaupas. Bahkan ada salah satu pohon besar di tempat ini yang dijadikan sebuah rumah pohon yang bisa dijadikan tempat bermain.

Selain itu hutan alam di sekitar kawasan ini masih begitu alami. Oleh karena itu, ada banya pepohonan menghijau ditemui disini. Beberapa diantara lain adalah pohon Jamuju, Huru, Puspa, Kitambang dan lainnya. Sementaraitu fauna atau hewan yang bisa ditemukan di area Rancaupas ini adalah seperti burung Tekukur, Elang, Monyet, dan masih banyak lainnya. Hewan yang paling terkenal di camping ground ranca upas ini adalah rusa. Kami juga berkesempatan untuk memberi makan rusa-rusa tersebut dengan wortel yang kami beli dari pedagang sekitar yang memang menjajakan wortel bagi pengunjung yang ingin memberi makan Rusa.

Saat malam hari pun tak kalah indah, walaupun gelap namun kita bisa melihat banyak bintang bintang di langit dan pemandangan lampu lampu dari rumah-rumah warga yang berada di bawah, selain itu semakin gelap semakin dingin hawa di sana kita harus menyiapkan baju hangat yang cukup agar tidak kedinginan. Kami pun menikmati pemandangan tersebut dengan meminum teh yang telah kami buat

Sumber: 

http://www.wiranurmansyah.com/wp-content/uploads/2013/07/IMG_8892.jpg

http://www.indotravelers.com/bandung/ranca-upas-images/ranca-upas-8.jpg

https://garisbatas.com/wp-content/uploads/2016/08/camping-ground-ranca-upas-1.jpg

 

admin

bikinwebsiteonline@gmail.com

No Comments

Post a Comment

You dont have permission to register

Password reset link will be sent to your email