Jago nya Produk lokal go Internasional
Background Image

[Camping] Bumi Perkemahan Wonogondang

Bumi Perkemahan Wonogondang

Bumi Perkemahan Wonogondang terletak di Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, berjarak sekitar 24km dan dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk mencapai lokasi tersebut melalui jalan Kaliurang dari pusat kota Yogyakarta. Pemandangan yang menyejukkkan mata serta letak yang strategis dari pusat kota membuat bumi perkemahan Wonogondang ini menjadi salah satu tempat favorit untuk camping pramuka atau camping malam keakraban. Dengan ketinggian 772mdpl dan terletak di kaki Gunung Merapi serta berjarak 8km dari puncaknya, kita bisa menikmati udara yang sejuk dan cukup dingin di malam hari. Dengan luas tiga hektar, Bumi Perkemahan Wonogondang terbagi menjadi perkemahan dan circuit offroad. Daerah sekitar Wonogondang masih berupa kawasan hutan dan ditumbuhi pepohonan rindang menambah nilai plus tempat ini.

Fasilitas yang tersedia di Bumi Perkemahan Wonogondang untuk area perkemahan yaitu kamar mandi, toilet, mushola, panggung, dan kolam untuk outbond. Saat camping akan lebih mudah karena ada kamar mandi yang bisa gunakan untuk mandi dan buang air, kita tak perlu bersusah payah ke sungai untuk mandi dan buang air. Tak perlu khawatir karena ada beberapa kamar mandi yang bisa digunakan, sehingga antrian tak akan tetlalu panjang. Selain itu, untuk beribadah juga tak perlu bingung karena ada mushola dengan kapasitas cukup besar. Area panggung terletak di antara dua lahan perkemahan, di depan panggung terdapat halaman yang luas yang bisa digunakan untuk kegiatan seperti game, senam, hingga api unggun. Biasanya saat camping sekolah, perkemahan pria terletak di sebelah kiri panggung dan wanita di sebelah kanan panggung, dan kegiatan camping akan dilaksanakan di daerah sekitar panggung.

Udara yang dingin dan sejuk di bumi perkemahan Wonogondang ini membuat orang yang camping harus mempersiapkan pakaian tebal serta senter atau lampu emergency untuk menerangi karena cahaya yang minim di area perkemahan di malam hari meskipun terdapat beberapa lampu penerangan. Minimnya cahaya ini membuat nuansa api unggun di malam hari sangat khidmat dan bahkan bisa melihat bintang di langit malam, ditemani dengan udara dingin. akan lebih nikmat jika ditemani secangkir minuman hangat. Nuansa kebersamaan akan semakin hangat di tengah dinginnya malam sambil mengelilingi api unggun. Wonogondang bukan hanya segedar tempat camping, tapi juga tempat untuk mengukir memori indah bersama teman teman dengan rasa yang berbeda, jika biasanya berkumpul bersama teman teman di sekolah, kampus, atau tempat makan, maka di Wonogondang, kita akan merasakan kebersamaan yang sangat berbeda. Mulai dari kebersamaan saat membangun tenda, memasak, bermain, hingga menikmati bintang dan api unggun di malam harinya. Saat camping kita harus memasak sendiri, membawa peralatan masak dan bahan sendiri, hal ini tentu saja akan meningkatkan kualitas kebersamaan bersama teman dekat. Bukan hanya sekedar memori, tapi quality time yang benar benar tak bisa didapatkan saat kita berada di aktivitas rutin, saat di kota, saat di sekolah.

Jika ingin camping di Wonogondang, kita harus membawa sendiri tenda dan memasangnya sendiri karena tidak tersedia tenda di daerah perkemahan. Selain itu, letaknya yang berada di hutan dan cukup jauh dari pemukiman membuat sulit untuk mendapat sinyal apalagi internet. Meskipun begitu, bukankah tetap asyik hidup secara bebas di alam dengan teman teman dan menyatu dengan alam? Tapi sebaiknya jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan di daerah Wonogondang agar tetap asri dan bersih dari sampah. Setelah camping sebaiknya untuk membersihkan dan membawa pulang kembali sampah-sampah yang kita hasilkan. Wonogondang, camping ground dengan sejuta momen dan kenangan.

admin

bikinwebsiteonline@gmail.com

No Comments

Post a Comment

You dont have permission to register

Password reset link will be sent to your email