Jago nya Produk lokal go Internasional
Background Image

[Camping] Kakek Bodo

Camping ground pet bocor merupakan salah satu dari camping ground yang berada di wisata Pandaan Tretes, tempat berkemah yang bertepat dibawah lereng Gunung Arjuno-welirang ini sebagian masih tertutup pohon rintang. Banyak wisatawan domestik yang berkunjung disini, di samping itu sambil mendaki di gunung arjuno-welirang. Di kawasan camping ground ini memiliki banyak wisata seperti tempat berkemah, air terjun dll. Bumi perkemahan ini biasanya digunakan oleh kalangan remaja mulai dari anak pramuka, mahasiswa, pecinta alam ataupun dalam program pendidikan latihan dasar (Diklatsar). Tidak sebatas hanya untuk para pecinta alam saja camping ground bumi pekemahan kakek bodo juga dapat dinikmati oleh para pecinta wisatawan dan mendirikan tenda sebagai tempat menginapnya. Untuk akses ke wisata ini ada dua jalur yaitu dari pintu masuk wana wisata air terjun Kakek Bodo dan melalui Pos perijinan pendakian gunung Welirang-Arjuno di belakang hotel Surya Tretes. Namun yang biasa dipergunakan oleh kalangan pada umumnya yang berkeinginan menikmati alam dengan berkemah adalah melalui pintu masuk perijinan pendakian Welirang-Arjuno karena jarak menuju lokasi bumi perkemahan lebih dekat dari tempat ini di bandingkan melalui pintu masuk wana wisata air terjun Kakek Bodo.

Di dekat lokasi mendirikan tenda ada tempat musholla dan toilet . tetapi disini sangat minim sekali orang yang berjualan makanan, sehingga jika kita ingin membeli makanan harus turun kebawah kurang lebih 1 KM dari lokasi camping ground ini . Selain tempat untuk berkemah Ada dua air terjun yang berada disini. Satu air terjun kakek bodo letaknya tidak jauh dari parkiran motor dan yang kedua air terjun alap-alap yang juga masih masuk dalam kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) R. Soerjo. Jika ingin ke tempat alap-alap ini wisatawan harus ekstra membawa logistik yang cukup banyak, karena untuk sampai di air terjun alap-alap ini cukup menguras tenaga. Rute yang harus dilewati untuk mengunjungi air terjun Alap-Alap adalah mengambil jalan di belakang warung Pet Bocor, melintas ke arah kanan sampai bertemu dengan camping Ground Kakek Bodo. Dari camping ground Kakek Bodo mengambil rute ke kiri terus mengikuti jalur sampai bertemu dengan air terjun Alap-Alap. Air Terjun Alap-Alap mempunyai tinggi sekitar 40 meter dan mempunyai tiga tingkatan. Debit air terjunan tidak terlalu besar, mengalir melewati cela-cela tebing batu, di bawah terjunan terdapat kolam yang menampung air dan memiliki luas sekitar 60 m2.

Di sekitar camping ground kakek bodo terdapat banyak penginapan dari harga yang murah sampai yang mahal . Para nasyarakat memang sengaja menyediakan penginapan tersebut karena memang mereka mengetahui banyak para penjelajah alam yang sangat minat untuk mengunjungi tempat tersebut ini. Air Terjun Kakek Bodo tidak sekedar menyajikan air yang terjun dari ketinggian punggung bukit. Tapi di lokasi ini tersedia sarana bermain yang cukup memadai. Ada kolam renang dan arena bermain anak-anak. Tiket masuk murah meriah. Tidak sampai 10.000 rupiah. Begitu masuk lokasi, Anda akan dimanjakan dengan nuansa hijau khas pegunungan. Pemandangannya elok menawan. Air Terjun Kakek Bodo jatuh dari punggang bukit setinggi kurang lebih 40 meter. Airnya jernih. Segar dan cenderung dingin. Untuk  mencapai lokasi air terjun, Anda perlu berjalan sekitar 800 meter. Melewati jalan setapak yang layak. Banyak kelokan tapi tidak terlalu menanjak.  Di kiri kanan ada taman-taman asri. Setelah berjalan kira-kira  10 menit Anda akan tiba di sebuah pelataran bukit kecil. Pohon-pohon Pinus usia puluhan tahun kokoh menanungi pelataran.

 

http://www.manusialembah.com/2015/11/kesejukan-air-terjun-alap-alap-di.html

admin

bikinwebsiteonline@gmail.com

No Comments

Post a Comment

You dont have permission to register

Password reset link will be sent to your email