Jago nya Produk lokal go Internasional
Background Image

[Camping] Kebun Raya Purwodadi

Berkunjung ke kebun raya di akhir pekan menjadi waktu yang pas untuk mengisi liburan bersama keluarga. Salah satu kebun raya di Indonesia yang wajib Anda kunjungi adalah Kebun Raya Purwodadi. Di kebun raya ini, selain bisa mendapatkan pengetahuan tentang kekayaan flora yang dimiliki Indonesia, pengunjung juga dapat bersantai sambil menikmati sejuknya udara dari pepohonan yang tumbuh di sekitar destinasi wisata ini.

Lokasi Kebun Raya Purwodadi berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Posisinya berada di pinggir jalur utama Malang РSurabaya. Jika ditempuh kota Malang jaraknya sekitar 25 km kearah utara, sedangkan dari Kota Surabaya sekitar 65 km. Sangat mudah dijangkau, baik menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Luasnya mencapai 85 hektare dan memiliki sekitar 10.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan.

Kebun Raya Purwodadi didirikan pada tanggal 30 Januari 1941 oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking atas prakarsa Dr. Dirk Fok van Slooten pada tanggal 30 Januari 1941 sebagai pemekaran dari Stasiun Percobaan ‘s Lands Plantentuin Buitenzorg atau Kebun Raya Bogor. Kebun ini merupakan salah satu dari tiga cabang Kebun Raya Indonesia (Kebun Raya Bogor) yang masing-masing memiliki tugas dan fungsi spesifik. Kedua cabang lainnya adalah Kebun Raya Cibodas dan Kebun Raya Eka Karya Bali. Pengelolaan seluruh Kebun Raya ini berada di bawah tanggung jawab Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Mula-mula kebun ini dipergunakan untuk kegiatan penelitian tanaman perkebunan. Kemudian pada tahun 1954 mulai diterapkan dasar-dasar perkebunrayaan dengan dimulainya pembuatan petak-petak tanaman koleksi. Sejak tahun 1980 sebagian tanaman ditata kembali menurut kelompok suku yang menganut klasifikasi sistem Engler dan Pranti. Dalam perkembangannya diharapkan Cabang Balai Kebun Raya Purwodadi akan menjadi pusat konservasi dan penelitihan tumbuhan iklim kering di daerah tropis.

Kebun Raya Purwodadi mempunyai ribuan koleksi tanaman, diantaranya terdapat tanaman langka dan berusia ratusan tahun yang hanya ada di Indonesia. Kekayaan flora yang dimiliki Kebun Raya Purwodadi antara lain polong-polongan, tanaman anggrek, paku-pakuan, serta tanaman obat. Selain tempat penelitian tanaman, kini Kebun Raya Purwodadi merupakan salah satu objek wisata di Jawa Timur. Mengunjungi Kebun Raya Purwodadi di akhir pekan merupakan kegiatan wisata yang sungguh mengasyikan. Pasalnya selain bisa bermain di alam terbuka, pengunjung juga bisa belajar tentang keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya.

Jika berkunjung ke kebun raya purwodadi, wisatawan bisa menyusuri areal dengan berjalan kaki. Bagi yang enggan berjalan kaki, disediakan sepeda sewaan yang bisa dimanfaatkan untuk berkeliling. Atau menaiki kereta mini, yang disediakan pengelola. Untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, kebun raya purwodadi sudah menyediakan beragam fasilitas. Diantaranya area bermain anak, kolam perahu, kolam renang anak, lapangan sepak bola, gazebo, area camping ground, gedung serbaguna, penginapan, cottage dan lain-lain. Penginapan di Kebun Raya Purwodadi ada 10 kamar dengan tarif mulai 175.000-300.000 per kamar per malam, sedangkan cottage ada 2 rumah, masing-masing sewanya 800.000 per malam.

Harga tiket masuk Kebun Raya Purwodadi sebesar Rp. 6.000,- per orang. Sedangkan jam kunjungan di buka mulai pukul 07.00 wib sampai pukul 16.00 wib. Bagi yang ingin camping atau sewa kamar untuk menginap, harus booking langsung di kantor Kebun Raya Purwodadi yang terletak di sisi selatannya.

Dibelakang Kebun Raya juga terdapat wisata alam Air terjun Coban Baung, akses masuknya melalui samping kebun raya. Air terjun ini masih sangat alami, dengan debit air yang cukup besar. Yang penasaran bisa cek Air Terjun COBAN BAUNG.

Pengalaman kami saat camping di Kebun Raya Purwodadi sangatlah seru karena pada saat camping kami tidak hanya sekedar bermain dan bersantai saja. Karena saat camping kita  juga belajar bagaimana cara mengatur waktu, belajar bersosialisasi dengan orang lain yang bahkan belum pernah kita kenal dekat sebelumnya, dan membentuk tim yang kompak.

Camping adalah hal yang sangat menyenangkan, karena kita dapat menikmati quality time dengan alam yg tidak dapat kita rasakan saat kita berada di kota. Pemandangan alamnya, suasana yang langsung bersatu dengan alam, dan hal-hal lain yg bisa kita temukan pada saat camping.

Di Kebun Raya Purwodadi ini juga terdapat tanah lapang yang luas dengan rumputnya yang menghijau. Para pengunjung banyak yang menggelar tikar di sana bersama keluarga masing-masing dan menikmati piknik. Kami pun lalu memarkir mobil di pinggir jalan dan segera mencari lahan yang kosong untuk menggelar tikar. Bahagia sekali rasanya karena keluarga besar kami sudah lama tidak rekreasi bersama seperti ini. Benar-benar moment yang istimewa bagi kami, apalagi moment kebersamaan kami terjadi di tempat wisata yang sejuk dan asri semakin menambah kebahagiaan kami.

 

admin

bikinwebsiteonline@gmail.com

No Comments

Post a Comment

You dont have permission to register

Password reset link will be sent to your email