Jago nya Produk lokal go Internasional
Background Image

[Camping] Pantai Lampon

Pantai Lampon Pemandangan Indah di Kebumen Jawa Tengah

Bagi anda pecinta petualangan dan pantai yang masih alami, Pantai Lampon bisa jadi menjadi pilihan berlibur anda. Pantai Lampon terletak di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah atau berjarak sekira 38 Km dari Kota Kebumen kearah barat daya. Pantai Lampon berada tepat disebelah barat dari Pantai Pasir yang juga berada di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kebumen.

Pantai Lampon memang bukan tempat wisata. Lokasinya tertutup oleh bukit dan hiruk pikuk aktivitas nelayan Pantai Pasir yang sibuk membawa hasil laut dari lautan ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) setempat. Pantai Lampon berada diantara Pantai Pasir dan Tanjung Karang Penganten. Pantai Lampon bukanlah pantai yang luas dan panjang. Pantai Lampon hanya memiliki panjang garis pantai tak lebih dari 100 meter dan lebar yang sempit. Namun demikian suasana alami masih sangat terasa jika anda menginjakan kaki di Pantai Lampon.

Pasir pantai coklat di Pantai Lampon masih sangat bersih. Air laut yang berwarna hijau kebiruan berpadu selaras dengan pasir pantai yang landai. Sama seperti Pantai Pasir, Pantai Lampon juga dibatasi tebing karang disisi barat dan timurnya. Pepohonan hijau nan asri berundak mengelilingi Pantai Lampon hingga ke puncak perbukitan. Tak ketinggalan pohon kelapa khas pesisir yang menghiasi Pantai Lampon. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Pantai Lampon dengan suasana yang berbeda, Anda bisa naik ke atas bukit dan melihat indahnya alam sekitar Pantai Lampon dari atas yang tentunya sangat mempesona.

Dari ketinggian bukit tersebut, keindahan Pantai Lampon yang spektakuler bisa disaksikan. Di atas bukit ini pula hamparan pasir Pantai Lampon berpadu indah dengan perbukitan Karst (kapur) di sekitarnya. Dan tentu saja birunya samudera yang tampak tak berujung memberikan sebuah nuansa damai di hati. Puas menikmati Pantai Lampon dari atas, cobalah untuk menuruni bukit menyaksikan keindahan pantai dari dekat. Saat pertama kali menginjakkan kaki di Pantai Lampon suasana alami dan ketenangan ombak pantainya masih sangat terasa. Sebuah goa di pinggiran Pantai Lampon juga akan terlihat namun sayangnya tidak dapat dijangkau kecuali saat laut sedang surut.

Pantai Lampon juga bisa menjadi spot yang sempurna untuk menyaksikan sunset. Banyak wisatawan yang juga datang saat sore hari hanya untuk menyaksikan senja di balik bukit karst sekitar pantai. Di Pantai Lampon mulai dibangun beberapa fasilitas menarik yang bisa Anda coba. Salah satunya spot berfoto untuk wisatawan. Spot ini biasanya tak pernah dilewatkan bagi pasangan muda untuk mencari pemandangan indah atau sekedar mengambil gambar.

Fasilitas seperti toilet dan warung makan sudah tersedia di sini. Namun untuk penginapan sayangnya memang belum tersedia. Saat ini kepala desa dan masyarakat sekitar mulai mengelola Pantai Lampon. Sehingga pihak pengelola mulai memberlakukan harga tiket masuk Rp 5.000, parkir kendaraan roda dua Rp 2.000 dan parkir kendaraan roda empat Rp 4.000.

 

Pantai Lampon merupakan salah satu bagian dari pantai selatan, yang lebih tepatnya berada di Desa Pasir Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini merupakan salah satu camping ground yang berada di Kebumen. Letaknya yang tersembunyi dari aktivitas manusia sangat cocok untuk mndapatkan wisata alam yang sebenarnya. Kondisi pantai ini cocok dijadikan tempat untuk menenangkan diri atau mencari udara segar. Kondisi pantai yang masih begitu alami dan segar menawarkan sensasi sendiri bagi kalian yang suka berpetualang ke alam bebas.

Pantai Lampon kira-kira dapat ditempuh sejauh kurang lebih 38 km dari pusat Kota Kebumen. Perjalanan menuju pantai ini bukanlah hal yang mudah. Kita harus melewati jalan pegunungan yang berkelok-kelok dan naik turun dengan tikungan tajam. Bukan hanya itu, jika ingin memasuki area Pantai Lampon tidak dapat menggunakan mobil, hanya ada jalan setapak yang dapat menuju pantai tersebut. Jika kita membawa mobil, kita dapat memarkirkannya di Pantai Pasir yang bersebelahan dengan Pantai Lampon, namun semua kesulitan medan untuk menuju pantai akan terbayar dengan keindahannya.

Struktur dan kondisi alam yang masih apik menambah nilai tersendiri, terlebih lagi Pantai Lampon merupakan gabungan antara struktur perbukitan karst dengan kombinasi pantai dibawahnya. Banyak tempat tempat di sisi Pantai Lampon yang dapat dinikmati oleh para pengunjung, seperti contohnya jika kita mengamati pemandangan dari atas perbukitan kita dapat melihat indahnya pantai pasir putih dengan air biru dan dapat memandang langsung ke Samudera Hindia. Tempat lain yang dapat dinikmati adalah di bawah bukit karst yaitu di pantainya, perpaduan antara suasana alami dengan ketenangan ombak dan sebuah goa kecil di pinggir pantai dengan pasir berwarna putih kecoklatan memberikan nilai keindahan yang wajib dikunjungi. Harga untuk masuk pantai ini juga terjangkau, dengan harga kurang dari 10 ribu rupiah untuk biaya parkir kendaraan bermotor sudah bisa mendapatkan akses masuk ke pantai ini.

Sebagai tempat camping ground, Pantai Lampon menawarkan keindahan tersendiri selain yang telah dijelaskan di atas. Pantai ini juga cocok untuk menikmati sunset dan sunrise. Terlebih lagi pada malam hari, dengan udara yang begitu sejuk, angin pantai berhembus dengan tenangnya dan di dampingi oleh pemandangan laut lepas di malam hari berpadu dengan kilauan bintang yang berada di langit akan membawa kita pada suasana tenang dan nyaman. Area camping yang berada di lapangan terbuka di atas bukit menjadikan kita dapat melihat semua keindahan alam semesta yang ada.

Pantai dalam satu kawasan tersebut juga terdapat banyak wisata yang wajib dikunjungi. Salah satu contohnya adalah gua-gua kapur yang berada di perbukitan. Spot untuk menikmati alam juga cukup menarik di gua tersebut, namun gua ini masih sepi di kunjungi oleh para pengunjung di bandingkan dengan pantainya. Dalam satu kawasan wisata tersebut juga terdapat gugusan karang yang dinamakan dengan Tanjung Karang Pengantin.

Kekurangan camping ground di Pantai Lampon adalah minimnya fasilitas yang tersedia seperti kamar mandi, tempat sampah, penerangan, dan lain lain. Hal ini dikarenakan Pantai Lampon masih dikelola oleh masyarakat sekitar dan pemerintah belum sepenuhnya mengambil alih. Untuk berkemah di daerah ini harus membawa peralatan lengkap perkemahan dan mungkin membawa air tawar yang banyak karena tidak tersedianya warung warung di sekitar area perkemahan, selain itu juga diharapkan membawa alat penerangan yang cukup. Namun jangan khawatir terdapat penjagaan tempat parkir dan area perkemahan oleh warga sekitar.

 

admin

bikinwebsiteonline@gmail.com

No Comments

Post a Comment

You dont have permission to register

Password reset link will be sent to your email