Jago nya Produk lokal go Internasional
Background Image

[Camping] Papandayan

Untuk para wisatawan yang mempunyai rencana mengadakan wisatawa ke kawasan kawah Gunung Papandayan yang populer dengan tegal alun dan padang edelweiss nya, ada tempat asyik untuk melepas lelah sejenak dan penginapan basis camping ground yang tidak jauh dari Kawah Papandayan. Tempat itu bernama Papandayan Camping Ground.

Papandayan Camping Ground adalah salah satu dari empat nama wisata terbaru di Garut yang berada di kawasan Nangklak Desa Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut. Tempat wisata yang lebih dikenal dengan sebutan PCG ini awalnya berkonsep pada kegiatan camping sebagai alternatif bagi yang ingin melakukan pelatihan camping disekitar Gunung Papandayan tanpa harus melakukan pendakian yang memakan waktu lama dan menguras tenaga cukup besar untuk tiba di area khusus perkemahan kawasan Gunung Papandayan. Objek wisata ini belum cukup lama berdiri, hal ini bisa dilihat dari aktivitas pengelolanya yang setiap hari selalu disibukan dengan kegiatan membangun dan membenahi beberapa fasilitas yang belum rampung. Namun demikian, tempat ini sudah terbilang cukup bagus dan layak untuk di kunjungi.

Papandayan Camping Ground lokasinya terletak kawasan Nangklak Desa Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan atau lebih tepatnya lagi kurang lebih 4 km sebelum objek wisata Gunung Papandayan. Jarak tempuh dari alun-alun Sisurupan sekitar 3,5 km dengan jarak tempuh normal menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4 kurang lebih sekitar 12 menit dan 58 menit perkiraan berjalan kaki. Akses jalan menuju kawasa objek wisata ini cukup bagus sehingga memungkinkan dengan mudah untuk dilalui oleh kendaraan kendaraan roda 2 atau roda 4 bahkan bus besar.

Selain untuk kegiatan camping, banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan seperti outbound, berkuda, bersepeda, hiking, foto selfie dengan berbagai latar belakang yang menarik, dan menikmati berbagai faslitas game menarik seperti sky bike, taman bermain, offroad dan lain-lain

Bagi pengunjung yang ingin menikmati sensasi malam di PCG tanpa harus membuka tenda, tersedia rumah pohon muat untuk 3-4 orang yang unik sebagai pilihan tempat menginap dengan harga yang lumayan terjangkau yaitu Rp 350.000 rupiah per malam dengan berbagai fasilitas seperti adanya kamar mandi, perapian, area makan outdoor, barbekyu, dan pemandangan.

Bagi wisatawan yang ingin berkemah yang jumlahnya lebih dari 5 orang bisa bisa menyewa tenda dome yang kapasitasnya bisa sampai 10 orang dengan biaya sewa antara Rp 200.000 sampai  Rp 600.000 rupiah per malam tergantung kapasitasnya.

Kontur tanah berbukit alami menjadi kelebihan PCG. Pengaturan kabin yang berbaris di sebelah kiri dan rumah pohon di kanan juga makin mempercantik panorama PCG yang sudah terlihat dari pintu masuk di resepsionis.

Selain fasilitas menginap, kamu juga tidak usah khawatir soal urusan parkir jika membawa kendaraan pribadi karena lahan parkir di sini cukup luas dan aman. Pihak PCG memang menyediakan tim khusus yang ditugaskan untuk menjaga kendaraan dan barang bawaan yang dititipkan di meja registerasi seperti helm atau barang titipan lainnya supaya tetap aman.

Sayangnya hingga saat ini belum ada fasilitas restoran tersedia disini. Namun di sekitar Papandayan Camping Ground anda akan menemukan warung nasi, kopi, dan makanan ringan lainnya untuk mengisi perut dan menikmati berbagai cemilan bila anda tidak membawa makanan. Direkomendasikan untuk membawa perbekalan yang cukup apabila ingin lebih lama disini.

Harga tiket masuk Papandayan Camping Ground terbilang murah-meriah yaitu Rp. 10.000/orang dan biaya parkir Rp 5.000/orang.

admin

bikinwebsiteonline@gmail.com

No Comments

Post a Comment

You dont have permission to register

Password reset link will be sent to your email