Jago nya Produk lokal go Internasional
Background Image

[Camping] Puncak Kosakora

Puncak Kosakora
Puncak Kosakora merupakan suatu bukit yang terletak di di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Bukit ini menyujuhkan indahnya pemandangan laut lepas dan berbagai macam pantai, bukit ini juga merupakan salah satu bukit tertinggi di kawasan pantai gunung kidul, yogyakarta. Puncak kosakora terletak ketinggian kira-kira 50mdpl dan dikelilingi oleh-oleh pantai-pantai yang indah, seperti Pantai Drini , Pantai Ngrumput, Pantai Watu Kodok dan lainnya.

Tempat ini bisa dikategorikan sebagai tempat wisata yang masih tergolong baru, maka dari itu akses jalan menuju tempat ini masih cukup sulit. Waktu perjalanan yang ditempuh dari pusat kota Yogyakarta menuju puncak kosakora kurang lebih 2 jam. Ada 2 akses jalan yang bisa kita pilih untuk bisa sampai di Puncak Kosakora. Akses pertama melewati arah utara dan akses kedua melewati pantai drini. Untuk yang dari arah utara, setelah kita melewati jalan kawasan pantai kita akan menemukan papan nama “Puncak Bukit Kosakora”.

Dari situ kita parkirkan kendaraan kita dan memulai berjalan kaki menuju Bukit Kosakora melewati jalur jalan setapak yang ada di sana. Sedangkan akses dari Pantai Drini, kita bisa menaiki bukit sebelah timur pantai dan berjalan melewati jalan setapak yang ada di sana. Untuk jalur yang dari Pantai Drini cukup jauh dan harus melewati bukit-bukit yang ada di sana. Selain itu kita juga akan melewati Pantai Watu Bolong dan Pantai Ngrumput. Walaupun perjalanan yang diambil cukup jauh, pemandangan indah di sepanjang jalan yang kita lewati tentu lebih banyak dan lebih menarik.

Setelah memarkirkan kendaraan kita, kita masih harus melanjutkan perjalanan menuju ke Puncak Kosakora dengan berjalan kaki. Sebelum naik, kita harus membayar biaya retribusi terlebih dahulu sebesar Rp.2000 . Akan lebih baik jika kita hendak berkunjung ke Puncak Kosakora kita menggunakan alas kaki yang nyaman dan kuat karena kita harus berjalan melewati jalan setapak yang terpagari pagar bamboo dan dikelilingi oleh pepohonan, jalan tersebut juga masih berbentuk tanah dan berbatuan yang licin namun, penduduk sekitar sudah berusaha memperbaiki jalan setapak tersebut agar lebih mudah untuk dilewati dengan membentuk anak tangga dijalan tersebut sehingga mempermudah kita untuk mendaki bukit tersebut.

Selama perjalanan tersebut kita akan melewati lahan-lahan perkebunan milik warga dan  terlihat penduduk-penduduk local yang sedang berkebun atau melakukan akitivtas lain seperti menggembala kambing atau mencari rumput.

Saat kita sampai di Puncak Kosakora, yang menyambut kita pertama kali adalah hamparan padang rumput hijau yang sangat luas dengan pemandangan yang akan menghilangkan segala lelah selama perjalanan.

Di puncak tersebut juga terdapat beberapa bendera Indonesia yang berkibar dan dipasang dibeberapa titik. Di sana juga terdapat beberapa warung yang dikelolah oleh warga sekitar yang masih terbuat dari kayu dan terpal, namun sangat bersih dari sampah karena di lokasi tersebut terdapat banyak tempat sampah.

Puncak Kosakara merupakan salah satu spot camping ground yang paling diminati di Yogyakarta. Sesampainya di Puncak Kosakora, kita bisa langsung mendirikan tenda yang akan digunakan untuk bermalam ditengah lapangan rumput hijau yang mengadap kearah lautan lepas. Pada saat pagi hari kita akan disuguhi dengan pemandangan pantai dan laut lepas serta biru-nya langit Jogjakarta.

Menjelang petang kita akan dimanjakan pemandangan matahari terbenam yang sangat luar biasa indahnya.

Dan pada malam hari kita akan diselimuti dengan langit malam dengan yang penuh bintang, diiringi dengan nyanyian dan api unggun akan membuat camping-mu terasa sangat menyenangkan.

 

admin

bikinwebsiteonline@gmail.com

No Comments

Post a Comment

You dont have permission to register

Password reset link will be sent to your email