Jago nya Produk lokal go Internasional
Background Image

[Desa Wisata] Desa Wisata Kalakijo

Desa Wisata Kalakijo, Guwosari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta

Jika mendengar kota Yogyakarta hampir seluruh masyarakat Indonesia pasti akan langsung terbayang Pantai Parangtritis, Gunung Kidul, Keraton Yogyakarta sampai dengan Malioboro yang kata sebagian orang belum lengkap rasanya kalau ke Jogja tapi belum ke mampir ke jalan satu ini. Namun, beberapa destinasi wisata yang disebutkan di atas sudah dianggap terlalu umum bagi para pelancong. Kini, Bantul yang merupakan salah satu kabupaten di selatan Yogyakarta ini mulai menunjukkan potensinya.

Kabupaten Bantul yang sejak lama dikenal dengan keindahan pantai selatannya yaitu Pantai Parangtritis, Pantai Depok serta Gumuk Pasir Parangkusumo kini mulai mengenalkan destinasi-destinasi wisata baru bagi para wisatawan yang mampir ke Jogja. Terdapat berbagai wisata pantai nan indah yang mulai dikenalkan oleh penduduk lokal yang akhirnya sampai di telinga wisatawan luar daerah hingga luar negeri. Sebut saja Pantai Goa Cemara yang terkenal karena keindahan pohon-pohon cemara yang membentuk pola seperti goa di sepanjang jalan menuju arah pantai. Serta tak tertinggal pula Pantai Pandansari yang terkenal dengan mercusuarnya, dan pantai-pantai lain seperti pantai Samas, pantai Pandansimo, pantai Kuwaru, pantai Baru, dan masih banyak lagi. Selain pantai, kita juga akan menemui berbagai destinasi wisata air terjun, hutan pinus, kebun buah mangunan, sendang ngembel, dan goa selarong.

Yang akan kita bahas kali ini merupakan desa wisata baru yang dikenalkan oleh Pemerintah Kabupatan Bantul. Desa wisata ini terletak di dusun Kalakijo, desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul atau yang lebih sering dikenal dengan nama desa wisata kalakijo. Secara umum, desa ini cenderung sama dengan desa pada umumnya yang masih menjaga kelestarian alam, budaya serta keramahan masyarakatnya. Lambat laun desa kalakijo bertransformasi menjadi sebuah desa yang banyak menarik wisatawan melalui kuliner khasnya yaitu Ingkung Jawa.

Ingkung Jawa sebenarnya bukan makanan khas yang diciptakan oleh masyarakat desa kalakijo. Kuliner ini telah ada sejak jaman dulu, namun desa kalakijo telah berhasil mengembangkan kuliner satu ini untuk lebih dikenal masyarakat luas yang tentu saja mendatangkan prospek yang menjanjikan. Terdapat beberapa restoran yang menawarkan ingkung jawa ini sebagai menu utama seperti Ingkung Kuali, Ingkung Joglo dan Ingkung Sor Sawo. Ingkung kuali yang menjadi pencetus adanya desa wisata ini telah banyak dikenal oleh para wisatawan luar daerah. Hal tersebut mendorong Kepala Dusun Kalakijo untuk membangun Ingkung Joglo yang menawarkan fasilitas berupa menikmati hidangan di gazebo pinggir sawah dan ditemani oleh ikan-ikan di kolam. Dan yang terakhir Ingkung Sor Sawo yang memanjakan pengunjung dengan sensasi makan di bawah pohon sawo.

Desa wisata Kalakijo tidak hanya berhenti pada kuliner khasnya saja, di sini wisatawan juga dapat menemui pengerajin sangkar burung, batik jogja dan pembuat emping mlinjo. Pembuatan batik jogja di sini tidak hanya batik cap saja, tapi terdapat pula batik tulis. Untuk beberapa hasil batik cap, di sini kita bisa langsung menemui toko-toko yang langsung menjajakan hasil kerajinan batiknya. Sedangkan, untuk batik tulis sendiri salah seorang pengerajin masih memasarkan melalui pasar-pasar tradisional setempat. Di desa wisata ini pula kita juga bisa menjumpai ibu-ibu warga setempat memainkan pertunjukan Gejog Lesung. Pertunjukan tersebut biasa ditampilkan di tempat pertemuan milik Kepala Dusun yang sengaja diperuntukkan bagi kegiatan warga dan hanya ditujukan pada beberapa peringatan tertentu.

Dibalik banyaknya potensi desa wisata ini, terdapat pula kekurangan yang masih dimiliki yaitu akses menuju desa wisata ini yang masih bisa dikatakan sedikit sulit. Untuk bisa mencapai desa wisata kalakijo, wisatawan hanya bisa menggunakan kendaran pribadi karena tidak adanya transportasi umum yang mengarah pada desa wisata tersebut.

admin

bikinwebsiteonline@gmail.com

No Comments

Post a Comment

You dont have permission to register

Password reset link will be sent to your email