Jago nya Produk lokal go Internasional
Background Image

[Desa Wisata] Kampung Wisata Coklat

Wisata Kampung Coklat berada di Kabupaten Blitar, , tepatnya di Jl. Banteng Blorok 18 Desa Plosorejo Kademangan Blitar. Untuk anda yang berangkat dari Kota Blitar.

Desa satu ini memang pantas jika diberi nama Kampung Coklat. Selain arsitektur bangunan yang didominasi warna coklat, di sisi kanan dan kiri jalan menuju perkebunan coklat terdapat tumpukan biji coklat. Dan rupanya tak jauh dari situ merupakan lokasi gudang coklat. Berjarak 30 meter dari gudang coklat, travelers akan mendapati kebun coklat yang begitu rapi. Bisa dibilang ini adalah tempat awal untuk perkembangbiakan pohon kakao. Di sini ada sejumlah pohon kakao mulai dari yang berumur 3 bulan, 6 bulan, sampai yang sudah siap panen. Dan dari sini pula sumber coklat yang diolah jadi kuliner enak yang ada di oulet-outlet Kampung Coklat. Tak hanya bisa mengetahui mengenai sumber coklat, travelers juga bisa belajar mengenai pengolahan biji kakao jadi coklat hingga pengemasan menjadi makanan yang enak banget.

Suasana di sekitar kampung coklat juga dipenuhi dengan pohon-pohon kakao yang tidak hanya menyebarkan bau coklat namun juga bikin suasana menjadi begitu sejuk. Sambil menikmati kesejukan suasana Kampung Coklat, travelers bisa ditemani dengan sejumlah sajian coklat, mulai dari ice coklat, ice cream coklat, sampai mie coklat. Ada juga sejumlah coklat batangan, permen coklat, dan juga kue coklat yang bisa travelers bawa pulang.

Beberapa fasilitas yang ada di kampung coklat Blitar diantaranya :

  • Musholla
  • Tempat Makan / Area Kuliner
  • Kamar Mandi / Toilet
  • Outlet
  • Panggung Hiburan ( Saat Week End )
  • Kolam Ikan untuk Refleksi
  • Wahana bermain ana-anak

Selain dapat bersantai sambil menikmati hidangan makanan dan minuman yang terbuat dari bahan coklat, wisatawan juga dapat melihat proses pembibitan pohon kakao yang nantinya akan menghasilkan buah coklat, namun aktivitas pembibitan ini tidak setiap hari dilakukan namun ada musimnya.

Kampung Coklat awalnya merupakan sebuah kebun kakao milik keluarga bapak Kholid Mustofa. Luas area perkebunan sekitar 750 meter persegi. Berawal dari kerugian usaha peternakan ayam petelur, bapak Mustofa melihat peluang bahwa kebun kakaonya lebih menjanjikan jika ditekuni dan dikembangkan secara profesional.

Di area yang lain, ada area having fun, merupakan arena bermain anak-anak. Ada berbagai permainan yang bisa dilakukan di area yang luas ini. Adanya sarana edukasi, bermain dan bersantai, menjadikan Kampung Coklat tempat tujuan yang menarik untuk berbagai kalangan usia. Sampai saat ini pun, Kampung Coklat tetap melakukan pengembangan wisata.

Setelah belajar di PTPN XII Blitar, pak Kholid akhirnya menekuni budidaya tanaman kakao dengan menggandeng sejumlah rekan yang dibentuk dalam komunitas bernama Gapoktan Guyub Santoso yang didirikan pada tanggal 1 Januari 2005. Hingga akhirnya pada tahun 2013 komunitas ini mampu memproduksi cokelat olahan dengan cita rasa lokal dengan brand GuSant yang diambil dari kata Guyub Santoso. GuSant memiliki jaringan petani kakao di Blitar hingga 48 kelompok.

Tak hanya itu saja, di Kampung Coklat juga terdapat Cooking Class dimana wisatawan dapat belajar untuk mendekorasi atau mengolah coklat sesuai dengan yang anda inginkan. Selesai menikmati aneka oahan coklat dan cooking class, rasanya belum lengkap apabila berkunjung ke sana tanpa menyempatkan diri untuk berfoto ria di “GARAGE” yang ada di sebelah barat Kampung Coklat, disana terdapat mobil dan motor antik yang bisa membuat kita mengenang masa lalu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :

http://www.manusialembah.com/2015/06/manisnya-wisata-di-kampung-coklat.html

www.kampungcoklat.com

 

admin

bikinwebsiteonline@gmail.com

No Comments

Post a Comment

You dont have permission to register

Password reset link will be sent to your email