Jago nya Produk lokal go Internasional
Background Image

Branding

Branding

Halo Jagoan,

Kali ini ayas akan menjelaskan tentang Branding. Apa sih branding itu? Kenapa harus branding segala sih? Sebentar Jagoan, tahan dulu semua pertanyaan itu. Ayas jelaskan dulu apa itu branding.

Branding adalah proses penciptaan tanda jejak tertentu agar membekas dibenak dan difikiran konsumen dengan berbagai cara dan strategi komunikasi sehingga konsumen menjadi teringat akan produk umak.

Singkatnya sih branding itu bahan curcol, semakin sering produk umak menjadi bahan curcol maka dapat dikatakan branding umak berhasil :D. Branding ketika sudah berhasil mempunyai manfaat yaitu 5D, apa itu 5D? 5D terdiri dari Dikenal, Diingat, Dicoba, Diulang dan Disempatkan.

D yang pertama yaitu dikenal. Bila branding produk umak berhasil maka produk umak akan dikenal oleh masyarakat. Setelah produk umak dikenal, produk tersebut akan menuju ke D yang kedua yaitu diingat. Bila produk umak sudah dikenal dan branding terus berjalan maka lambat laun produk umak akan diingat oleh masyarakat. Kemudian umak masuk ke D yang ketiga yaitu dicoba. Bila produk umak sudah diingat maka seiring berjalanya waktu akan timbul rasa penasaran terhadap produk umak. Hal ini akan mendorong konsumen untuk mencoba produk umak.

Nah dalam tahap ini kualitas produk umak akan diuji, bila kualitasnya tinggi maka umak akan melaju ketahap D selanjutnya yaitu diulang. Diulang disini merujuk kedalam rasa ketagihan. Semakin banyak konsumen merasa ketagihan dengan produk umak, maka konsumen akan senantiasa menjadikan produk umak sebagai prioritas untuk dibeli. Setelah konsumen merasa ketagihan dengan produk umak, umak akan sampai pada manfaat terakhir yaitu disempatkan. Tahap ini menurut ayas adalah tahap dimana ketagihan konsumen berada dalam stadium akut:D. konsumen akan merasa ada yang kurang bila tidak membeli produk umak.

Tahapan branding itu mirip-miriplah sama jomblo yang sedang cari jodoh. Pertama umak harus siap-siap. Tahap ini akan menyiapkan berbagai hal seperti kartu nama, nama produk yang unik, tester produk dan tampilan produk serta mencari tahu siapajati diriumak atau produk umak. Bila semua sudah disiapkan, maka umak akan siap menuju tahap selanjutnya setiap saat.

Tahap yang kedua yaitu pendekatan (PDKT). Tahap ini umak akan mengahadapi banyak sekali tipe orang dan juga berbagai macam caci maki. Menghadapi banyak orang disini tidak hanya berkomunikasi secara langsung tetapi juga komunikasi tak langsung seperti lewat socmed atau media tak langsung lainya. Kunci dalam tahap ini adalah mampukah umak mengenalkan produk umak kepada berbagai macam tipe orang.

Tahap terakhir adalah tahap nembak. Tahap ini umak akan mengahadapi D yang ketiga dan seterusnya. Pastikan semua chanel dan seluruh mekanisme penjualan dan juga pemesanan siap, karena itu akan menentukan umak diterima atau tidak dalam proses penembakan.

dalam penganalogian branding, produkdikatakansebagai seluruh tubuh, logo produk sebagai wajah, dan kemasan produk sebagai pakaian yang digunakan. Saat umak bertemu dengan orang baru tentunya yang dilihat pertama kali adalah wajah, kemudian pakaian. Semakin ganteng wajah produk dan semakin rapi pakaian dari produk, maka akan meningkatkan minat konsumen untu membeli.

Branding pasti tidak jauh dengan kemasan. Apasih gunanya kemasan? Kemasan berguna untuk melindungi produk, mempermudah produk untuk dibawa, membuat produk terlihat berbeda dan apik dilihat, serta yang paling pentig membuat produk laku dijual.

Level kemasan sendiri ada 4 tingkat, yaitul level pasrah, level bingung, level mulai bermodal dan level totalitas. level pasrah merujuk kepada kemasan yang tidak menggambarkan produknya. Sedangkan level bingung adalah kemasan dan produk tidak memiliki keterkaitan atau beda produk. Level mulai modal adalah kemasan dan produk sama namun masih seadanya. Sedangkan level totalitas adalah level branding yang sesungguhnya dimana kemasan produk dibuat sekreatif mungkin dan tentunya mudah untuk mendapat perhatian dari konsumen.Sekian dulu ya sobat jagoan.(BA)

admin

bikinwebsiteonline@gmail.com

No Comments

Post a Comment

You dont have permission to register

Password reset link will be sent to your email