Jago nya Produk lokal go Internasional
Background Image

Kartika Sari Furnicraft

Jalan Soekarno- Hatta No. 8 dekat Sudimoro, Mojolangu, Malang City, East Java, Indonesia
Call us anytime 082232953383
Specification
Kartika Sari Furnicraft merupakan salah satu umkm yang bergerak dibidang kerajinan rotan sintetis yang pembuatan produknya masih tradisional yaitu menggunakan tangan (hand made) yang beralamat di Jl. Soekarno Hatta No.8 / Sudimoro (200 meter ke utara setelah patung kapal suhat). Umkm tersebut berdiri pada awal tahun, tepatnya pada bulan Februari 2016.

 

Usaha tersebut dikelola oleh seorang owner yang bernama pak Edi. Sebelum memiliki usaha sendiri pada saat duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) beliau sudah mulai mengenal bagaimana cara menganyam rotan asli. Keterampilan tersebut diperoleh pak Edi dari paman beliau. Setelah mahir dalam keterampilan menganyam, beliau mulai diajak oleh teman-teman pengarajin usaha rotan untuk bekerja atau dengan kata lain menjadi karyawannya. Banyaknya pengalaman yang telah diperoleh oleh beliau, serta kecintaannya terhadap keterampilan menganyam maka, beliau memutuskan untuk membuka bisnis atau usaha kerjainan sendiri.

 

Setelah berdirinya usaha tersebut dengan lokasi yang cukup strategis, pendapatan bersih yang beliau dapatkan setiap bulannya yaitu sebesar 3 – 5 jutaan. Setiap minggunya, minimal owner mendapatkan 3 pesanan dari pelanggan maupun pembeli yang baru pertama kali membeli produk beliau. Produk yang dihasilkan dari usaha ini beragam mulai dari pot bunga kecil, tempat tisu, tempat minuman gelas, lampion, tudung nasi, kursi, meja, dll. Dalam usahanya beliau menggunakan bahan baku rotan sintetis dengan warna yang beragam serta kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Para pembeli dapat memesan produknya sesuai dengan selera yang mereka inginkan. Proses produksi biasanya memakan waktu 1 – 3 hari tergantung dengan jenis produk yang dipesan. Kebanyakan yang membeli produk ini pengusaha yang ingin membuka dan atau sudah memiliki restoran atau cafe, pasangan suami istri serta yang sedang mencari peralatan untuk menghiasi rumah atau kantor mereka. Tak sedikit juga yang hanya memesan dan membeli 1 jenis produk saja meski harganya terbilang murah. Harga yang ditawarkan dalam produk ini beragam mulai dari Rp 25.000 hingga belasan juta.

 

Untuk saat ini owner masih belum memiliki karyawan dalam menjalankan usahanya, dikarenakan owner masih merasa mampu dalam melakukan pengerjaan produk. Jika pesanan yang diterima terlalu banyak yang tentunya tidak bisa dikerjakan oleh owner sendiri, maka owner meminta tolong kepada kakak beliau. Proses pengerjaan produk membutuhkan bahan baku rotan sintetis, kerangka produk serta alat untuk merekatkan kerangka dengan rotan. Bahan baku rotan sintetis diperoleh owner dengan membeli kepada supplier home industri yang beralamat di daerah Karangploso, Pakis dan atau Arjosari. Sedangkan untuk kerangka produk owner telah bekerjasama dengan salah satu tukang las yang telah menjadi langganan.

 

Dalam memasarkan produknya, saat ini owner masih menggunakan cara door to door yaitu penyampaian melalui kerabat atau teman-teman. Pemasaran menggunakan media sosial masih belum maksimal dikarenakan owner masih belum memahami cara pemasarannya. Sejauh ini dalam pemasaran melalui media sosial, owner masih mencoba memasarkan melalui situs jual beli online. Namun untuk pengiriman produk luar pulau dan luar kota yang masih terlalu jauh owner belum memiliki keberanian, karena hal tersebut terlalu memiliki risiko yang tinggi.

No Reviews

Post a Comment

Write a Review

Jalan Soekarno- Hatta No. 8 dekat Sudimoro, Mojolangu, Malang City, East Java, Indonesia

Get Directions
Enquire now
You dont have permission to register

Password reset link will be sent to your email